Materi Ke-11 MPSI : Enforcing Quality


Berbicara tentang Quality (kualitas) tidak akan lepas dari standar kualitas dan assessment/pengurukuan kualitas. Jadi untuk menentukan kualitas harus berdasarkan standard yang telah diteteapkan bersama antara pihak yang akan mengukur dan pihak yang akan diukur. Apabila standard belum ditetapkan maka akan terjadi perbedaan persepsi.

Menurut Webster’s New World Dictionary, kualitas adalah derajat keunggulan sesuatu. Makin unggul suatu benda, makin berkualitas benda itu.

Bagi manajer proyek, kualitas jatuh pada dua area :

  • Kualitas Produk
  • Kualitas Proses.

Menurut Kotler dan Amstrong, “Produk adalah  segala  sesuatu  yang  dapat  ditawarkan  ke pasar  untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan” (2001: 346).

Menurut Mc Charty dan Perreault, “Produk merupakan hasil dari produksi yang akan dilempar kepada konsumen untuk didistribusikan dan dimanfaatkan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya” (2003:107) .

Menurut Kotler, “Kualitas produk adalah keseluruhan ciri serta dari suatu produk atau pelayanan pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan/tersirat” (2005:49).

Menurut   Lupiyoadi, “Kualitas produk adalah Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas” (2001:158).

Jadi Kualitas sebagai “Kesesuaian dengan spesifikasi pelanggan”.

Materi lengkap dapat di-download di sini.


Leave a Reply